Kamis, 22 September 2016

PERBANDINGAN ANTARA MOTOR JUPITER Z Vs MOTOR SMASH 110 cc

LATAR BELAKANG

Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.
Sebagian besar ban yang ada sekarang, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik, walaupun dapat juga digunakan dari bahan lain seperti baja.
Jenis-jenis Ban

Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban
Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau "Belt". Ban jenis ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai "Rolling Resistance" yang kecil

Ban tanpa tube.
 











(Perbedaan tanda ban tubeless dan ban biasa)










( Cara menambal ban tubeless)











( Cara Menambal ban Tube Type )














(Katub ban tubeless)














(Katub ban Tube type)



Bagian-bagian ban.
Tread adalah bagian telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan, tusukan objek dari luar yang dapat berusak ban. Tread dibuat banyak pola yang disebut Pattern.

Breaker dan Belt adalah bagian lapisan benang (pada ban biasa terbuat dari tekstil, sedangkan pada ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan di antara tread dan casing. Berfungsi untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada Tread agar tidak langsung diserap oleh Casing.

Casing adalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.

Bead adalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi seperti angkur yang melekat pada velg.

Dari beberapa Jenis Ban pada penjelasan diatas Saya akan mengambil beberapa dari Jenis Ban, Pada umumnya, dengan mengetahui Perbandingan Antara Jenis Ban Tubeless dan Jenis Ban TubeType ( Ban Biasa ).

Untuk Ban Jenis TUBELESS

Ban tubeless adalah tipe ban yang memiliki keunggulan ban yang awet dan tahan bocor. Dimana ketika terjadi kebocoran ban misalnya tertusuk benda tajam atau terkena ranjau paku tipe ban ini akan segera menutup dengan cepat karena komponen tubeless pada ban ini akan memadati dan menutupi area ban rusak akibat tusukan dari benda tersebut. Selain tahan bocor ban tubeless juga mempunyai alur ban yang lebih bagus sehingga daya cengkram ban tipe ini lebih kuat dan stabil.

KELEBIHAN DAN KUNGGULAN BAN TUBLESS

Keunggulan ban tubeless yang tidak langsung kempes ini bagi pengendara motor adalah tidak perlu takut lagi terjebak di area yang gelap dan berbahaya karena ban motor terkena paku. Hal itu juga akan sangat berguna apabila pengendara motor sering pulang malam dan tak ada tukang tambal ban di dekat tempat kejadian.



Ban tubeless juga cocok untuk digunakan ketika mengebut dan menikung karena memiliki bentuk alur ban yang lebih mencengkeram jalanan. Ban jenis ini sangat stabil digunakan ketika kendaraan sedang kondisi kecepatan tinggi. Jika Anda pintar merawat ban tubeless, tentu pengeluaran menjadi lebih sedikit dibandingkan jika memakai ban biasa yang harus bolak-balik ke tukang tambal ban.


KEKURANGAN BAN TUBLESS

Sayangnya, ban tubeless ini hanya bisa digunakan pada pelek racing. Walaupun sudah ada alat yang dapat memasang ban tubeless pada pelek jari-jari, tetap saja risiko bocornya nitrogen tetap ada. Selain itu, kekurangan lain ban tubeless adalah harganya yang relatif lebih mahal dibanding ban biasa. Ban tubeless juga lebih keras dibanding ban biasa karena memiliki struktur karet lebih tebal dan padat.



Karena itu, jika Anda sering melewati jalanan yang rusak menggunakan ban tubeless, justru pelek dan komponen lain akan cepat rusak. Ban tubeless lebih cocok digunakan di jalan yang bagus.


Untuk Jenis Ban TUBE TYPE ( Ban Biasa )

Ban tubetipe biasa atau ban biasa adalah ban yang saat ini paling banyak di pakai untuk kendaraan roda dua, di sebut juga ban konvensional yang masih menggunakan ban dalam. 

KELEBIHAN DAN KUNGGULAN BAN BIASA
Masih banyak mobil dan motor yang menggunakan ban biasa ini, terutama di daerah pedalaman yang tidak begitu familiar dengan ban tubeless. Hal itu memang sangat cocok, mengingat ban biasa sangat tahan jika digunakan di jalanan yang kurang begitu bagus, sebab struktur karet lebih empuk.



Keunggulan lain dari ban biasa adalah umurnya yang lebih panjang karena terbuat dari compound yang cukup kuat. Motor yang menggunakan ban biasa sangat nyaman digunakan ketika jalanan macet karena mampu bermanuver dengan baik. Harga ban biasa pun lebih murah dibandingkan ban tubeless, dan ban biasa dapat dipasang pada segala jenis pelek ban.


KEKURANGAN BAN BIASA
Khusus bagi Anda pengguna ban biasa, kekurangan utama dari ban biasa adalah mudah bocor dan menjadi makanan empuk ranjau paku. Bagi pengendara motor, kalau lagi apes, Anda harus mencari tukang tambal ban yang letaknya sangat jauh dari tempat Anda mengalami ban bocor.

Belum lagi Anda harus mendorong motor hingga jarak yang tak tentu. Lebih sial lagi jika ternyata ban dalam ternyata sudah robek sehingga mau tak mau harus diganti dengan ban dalam baru, tidak bisa ditambal lagi. Dengan demikian, pengeluaran pun akan lebih mahal.

Berikut Adalah Daftar Harga Ban Motor Tubeless.

  1. IRC
Jenis
Ukuran
Harga
IRC NR76
80/90-14
Rp. 96.000
IRC NR72
70/90-16
Rp. 92.000
IRC NR72
80/90-16
Rp. 116.000
IRC NR73
70/90-17
Rp. 97.000
IRC NR73
80/90-17
Rp. 126.000
IRC NR72
70/90-17
Rp. 97.000
IRC NR72
80/90-17
Rp. 126.000
IRC NR69
70/90-17
Rp. 97.000
IRC NR69
80/90-17
Rp. 126.000
IRC NR47
250-17
Rp. 97.000
IRC NR60
275-17
Rp. 126.000
IRC NR25
300-17
Rp. 160.000
















  2. FDR

Jenis
Ukuran
Harga
FDR GENZI
70/80-17
Rp. 105.000
FDR GENZI
80/80-17
Rp. 143.000
FDR GENZI
90/80-17
Rp. 185.000
FDR XR EVO SPORT
80/80-14
Rp. 128.000
FDR XR EVO SPORT
90/80-14
Rp. 153.000
FDR XR EVO SPORT
110/80-14
Rp. 210.000
FDR XR EVO SPORT
120/70-14
Rp. 232.000
FDR XR SPORT RACING
90/80-17
Rp. 305.000
FDR XR SPORT RACING
120/70-17
Rp. 510.000
FDR XT SPORT
90/80-18
Rp. 250.000













  3. CORSA

Jenis
Ukuran
Harga
CORSA S33
80/80-14
Rp. 109.000
CORSA S33
90/80-14
Rp. 131.000
CORSA S33
110/80-14
Rp. 260.000
CORSA S33
70/90-17
Rp. 113.000
CORSA S33
80/90-17
Rp. 135.000
CORSA SS18
80/80-17
Rp. 132.000
CORSA SS18
90/80-17
Rp. 170.000
CORSA S123
100/80-18
Rp. 233.000











Berikut ini daftar Harga ban motor Tube Type

1. IRC TUBE TYPE

Jenis
Ukuran
Harga
IRC Tube SS560
100/80-14
Rp. 195.000
IRC Tube SS560
120/80-14
Rp. 285.000
IRC Tube NR76
80/90-14
Rp. 160.000
IRC Tube NR76A
90/80-14
Rp. 175.000
IRC Tube NR25
100/90-18
Rp. 295.000
IRC Tube NF59
70/90-14
Rp. 140.000
IRC Tube NR57M
70/90-17
Rp. 160.000
IRC Tube NR57M
80/90-17
Rp. 200.000
IRC Tube NR72
70/90-17
Rp. 160.000

KESIMPULAN

1. Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubeless in diciptakan sekitar tahun 1990. Ban tubeless adalah ban pneumatik yang tidak memerlukan ban dalam seperti ban pneumatik seperti biasanya. Ban tubeless memiliki tulang rusuk terus menerus dibentuk secara integral ke dalam manik ban sehingga mereka dipaksa oleh tekanan udara di dalam ban untuk menutup dengan flensa dari velg roda logam.
2. Ban tubetipe biasa atau ban biasa adalah ban yang saat ini paling banyak di pakai untuk kendaraan roda dua, di sebut juga ban konvensional yang masih menggunakan ban dalam. 

SARAN

1. Dalam Pemakaian Ban pada kendaraan, Adanya pemeriksaan pada ban dengan memeriksa tekanan pada ban.
2. Sebisa mungkin hindari pemakaian dari Ban Bekas dikarenakan sangat bahaya bagi pemakai.


DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknologi Informasi dan Multimedia #MULTIMEDIA_APRIL

       Pendahuluan Mengenai Physical Layer        Penjelasan Awal dari sebuah Physical Layer yakni dengan menjelaskan Apa itu Model OS...