LATAR
BELAKANG
Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian
penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi
getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan
kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan
mempermudah pergerakan.
Sebagian besar ban yang ada
sekarang, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik, walaupun
dapat juga digunakan dari bahan lain seperti baja.
Jenis-jenis Ban
Ban
dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak
lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban. Cord ditenun dengan cara
zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran
ban
Untuk
ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap
keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam
arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan
langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang
dinamakan "Breaker" atau "Belt". Ban jenis ini hanya
menderita sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun
pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai "Rolling Resistance"
yang kecil
Ban tanpa tube.
(Perbedaan
tanda ban tubeless dan ban biasa)
( Cara
menambal ban tub eless)
( Cara Menambal ban Tube Type )
(Katub
ban tubeless)
(Katub ban Tube type)
Bagian-bagian ban.
Tread
adalah bagian telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan,
tusukan objek dari luar yang dapat berusak ban. Tread dibuat banyak pola yang
disebut Pattern.
Breaker
dan Belt adalah bagian lapisan benang (pada ban biasa terbuat dari tekstil,
sedangkan pada ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan di antara tread
dan casing. Berfungsi untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada
Tread agar tidak langsung diserap oleh Casing.
Casing
adalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang
menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.
Bead
adalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi
seperti angkur yang melekat pada velg.
Dari
beberapa Jenis Ban pada penjelasan diatas Saya akan mengambil beberapa dari Jenis
Ban, Pada umumnya, dengan mengetahui Perbandingan Antara Jenis Ban Tubeless dan
Jenis Ban TubeType ( Ban Biasa ).
Untuk
Ban Jenis TUBELESS
Ban tubeless adalah
tipe ban yang memiliki keunggulan ban yang awet dan tahan bocor. Dimana ketika
terjadi kebocoran ban misalnya tertusuk benda tajam atau terkena ranjau paku
tipe ban ini akan segera menutup dengan cepat karena komponen tubeless pada ban
ini akan memadati dan menutupi area ban rusak akibat tusukan dari benda
tersebut. Selain tahan bocor ban tubeless juga mempunyai alur ban yang lebih
bagus sehingga daya cengkram ban tipe ini lebih kuat dan stabil.
KELEBIHAN
DAN KUNGGULAN BAN TUBLESS
Keunggulan ban tubeless yang tidak langsung kempes ini bagi pengendara motor
adalah tidak perlu takut lagi terjebak di area yang gelap dan berbahaya karena
ban motor terkena paku. Hal itu juga akan sangat berguna apabila pengendara
motor sering pulang malam dan tak ada tukang tambal ban di dekat tempat
kejadian.
Ban tubeless juga cocok untuk digunakan ketika mengebut dan menikung karena
memiliki bentuk alur ban yang lebih mencengkeram jalanan. Ban jenis ini sangat
stabil digunakan ketika kendaraan sedang kondisi kecepatan tinggi. Jika Anda
pintar merawat ban tubeless, tentu pengeluaran menjadi lebih sedikit
dibandingkan jika memakai ban biasa yang harus bolak-balik ke tukang tambal
ban.
KEKURANGAN BAN TUBLESS
Sayangnya, ban tubeless ini hanya bisa digunakan pada pelek racing.
Walaupun sudah ada alat yang dapat memasang ban tubeless pada pelek jari-jari,
tetap saja risiko bocornya nitrogen tetap ada. Selain itu, kekurangan lain ban
tubeless adalah harganya yang relatif lebih mahal dibanding ban biasa. Ban
tubeless juga lebih keras dibanding ban biasa karena memiliki struktur karet
lebih tebal dan padat.
Karena itu, jika Anda sering melewati jalanan yang rusak menggunakan ban
tubeless, justru pelek dan komponen lain akan cepat rusak. Ban tubeless lebih
cocok digunakan di jalan yang bagus.
Untuk Jenis Ban TUBE TYPE ( Ban Biasa )
Ban
tubetipe biasa atau ban biasa adalah ban yang saat ini paling banyak di pakai
untuk kendaraan roda dua, di sebut juga ban konvensional yang masih menggunakan
ban dalam.
KELEBIHAN DAN KUNGGULAN BAN BIASA
Masih banyak mobil dan motor yang menggunakan ban biasa ini, terutama di
daerah pedalaman yang tidak begitu familiar dengan ban tubeless. Hal itu memang
sangat cocok, mengingat ban biasa sangat tahan jika digunakan di jalanan yang
kurang begitu bagus, sebab struktur karet lebih empuk.
Keunggulan lain dari ban biasa adalah umurnya yang lebih panjang karena terbuat
dari compound yang cukup kuat. Motor yang menggunakan ban biasa sangat nyaman
digunakan ketika jalanan macet karena mampu bermanuver dengan baik. Harga ban
biasa pun lebih murah dibandingkan ban tubeless, dan ban biasa dapat dipasang
pada segala jenis pelek ban.
KEKURANGAN BAN BIASA
Khusus bagi Anda pengguna ban biasa,
kekurangan utama dari ban biasa adalah mudah bocor dan menjadi makanan empuk
ranjau paku. Bagi pengendara motor, kalau lagi apes, Anda harus mencari tukang
tambal ban yang letaknya sangat jauh dari tempat Anda mengalami ban bocor.
Belum lagi Anda harus mendorong motor hingga jarak yang tak tentu. Lebih sial lagi jika ternyata ban dalam ternyata sudah robek sehingga mau tak mau harus diganti dengan ban dalam baru, tidak bisa ditambal lagi. Dengan demikian, pengeluaran pun akan lebih mahal.
Belum lagi Anda harus mendorong motor hingga jarak yang tak tentu. Lebih sial lagi jika ternyata ban dalam ternyata sudah robek sehingga mau tak mau harus diganti dengan ban dalam baru, tidak bisa ditambal lagi. Dengan demikian, pengeluaran pun akan lebih mahal.
Berikut Adalah Daftar Harga
Ban Motor Tubeless.
1. IRC
Jenis
|
Ukuran
|
Harga
|
IRC NR76
|
80/90-14
|
Rp. 96.000
|
IRC NR72
|
70/90-16
|
Rp. 92.000
|
IRC NR72
|
80/90-16
|
Rp. 116.000
|
IRC NR73
|
70/90-17
|
Rp. 97.000
|
IRC NR73
|
80/90-17
|
Rp. 126.000
|
IRC NR72
|
70/90-17
|
Rp. 97.000
|
IRC NR72
|
80/90-17
|
Rp. 126.000
|
IRC NR69
|
70/90-17
|
Rp. 97.000
|
IRC NR69
|
80/90-17
|
Rp. 126.000
|
IRC NR47
|
250-17
|
Rp. 97.000
|
IRC NR60
|
275-17
|
Rp. 126.000
|
IRC NR25
|
300-17
|
Rp. 160.000
|
2. FDR
Jenis
|
Ukuran
|
Harga
|
FDR GENZI
|
70/80-17
|
Rp. 105.000
|
FDR GENZI
|
80/80-17
|
Rp. 143.000
|
FDR GENZI
|
90/80-17
|
Rp. 185.000
|
FDR XR EVO SPORT
|
80/80-14
|
Rp. 128.000
|
FDR XR EVO SPORT
|
90/80-14
|
Rp. 153.000
|
FDR XR EVO SPORT
|
110/80-14
|
Rp. 210.000
|
FDR XR EVO SPORT
|
120/70-14
|
Rp. 232.000
|
FDR XR SPORT RACING
|
90/80-17
|
Rp. 305.000
|
FDR XR SPORT RACING
|
120/70-17
|
Rp. 510.000
|
FDR XT SPORT
|
90/80-18
|
Rp. 250.000
|
3. CORSA
Jenis
|
Ukuran
|
Harga
|
CORSA S33
|
80/80-14
|
Rp. 109.000
|
CORSA S33
|
90/80-14
|
Rp. 131.000
|
CORSA S33
|
110/80-14
|
Rp. 260.000
|
CORSA S33
|
70/90-17
|
Rp. 113.000
|
CORSA S33
|
80/90-17
|
Rp. 135.000
|
CORSA SS18
|
80/80-17
|
Rp. 132.000
|
CORSA SS18
|
90/80-17
|
Rp. 170.000
|
CORSA S123
|
100/80-18
|
Rp. 233.000
|
Berikut ini daftar
Harga ban motor Tube Type
1. IRC TUBE TYPE
Jenis
|
Ukuran
|
Harga
|
IRC Tube
SS560
|
100/80-14
|
Rp.
195.000
|
IRC Tube
SS560
|
120/80-14
|
Rp.
285.000
|
IRC Tube
NR76
|
80/90-14
|
Rp. 160.000
|
IRC Tube
NR76A
|
90/80-14
|
Rp.
175.000
|
IRC Tube
NR25
|
100/90-18
|
Rp.
295.000
|
IRC Tube
NF59
|
70/90-14
|
Rp.
140.000
|
IRC Tube
NR57M
|
70/90-17
|
Rp.
160.000
|
IRC Tube
NR57M
|
80/90-17
|
Rp.
200.000
|
IRC Tube
NR72
|
70/90-17
|
Rp.
160.000
|
KESIMPULAN
1. Ban
Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubeless in
diciptakan sekitar tahun 1990. Ban tubeless adalah ban pneumatik yang
tidak memerlukan ban dalam seperti ban pneumatik seperti biasanya. Ban tubeless
memiliki tulang rusuk terus menerus dibentuk secara integral ke dalam manik ban
sehingga mereka dipaksa oleh tekanan udara di dalam ban untuk menutup dengan
flensa dari velg roda logam.
2. Ban tubetipe biasa atau ban biasa adalah ban yang saat ini
paling banyak di pakai untuk kendaraan roda dua, di sebut juga ban konvensional
yang masih menggunakan ban dalam.
SARAN
1. Dalam Pemakaian Ban pada kendaraan, Adanya
pemeriksaan pada ban dengan memeriksa tekanan pada ban.
2. Sebisa mungkin hindari pemakaian dari Ban Bekas
dikarenakan sangat bahaya bagi pemakai.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar