Selasa, 29 November 2016

Perbandingan jenis Produk Sepeda Motor dengan menghitung Kapasitas pada Motor.

Penjelasan dari Produk Kendaraan roda dua yakni Produk Honda jenis Honda Beat.


Honda Beat adalah skuter otomatis produksi dari Astra Honda Motor di Indonesia. Skuter yang diluncurkan pada tahun 2008 ini dimaksudkan untuk mengantisipasi makin populernya skuter otomatis di pasar sepeda motor Indonesia. Honda Beat akan bersaing langsung dengan Yamaha Mio, Yamaha Nouvo, Honda Vario, Suzuki Spin, dan skuter matik lainnya.
Honda BeAT skutik dari Honda ini sudah mengalami perubahan desain semenjak pertama kali diluncurkan. Modelnya masih tetap ramping dan perubahan terlihat sekali pada bentuk lampu depannya. Motor skutik berkapasitas mesin 110 cc ini sangat lincah dipakai dijalanan yang ramai terutama perkotaan. Cocok dipakai semua kalangan terutama kaum hawa yang menginginkan motor ramping dan tidak ribet, serta tetap manis dipakai. Bagasinya cukup luas dan untuk tipe FI (Fuel Injection) bagasi yang tersedia lebih luas lagi. Pada BeAT FI aki tidak lagi ditaruh di bagasi tetapi di kap bawah motor. Meskipun ada kap bawah motor, Honda berani mengklaim akinya akan tetap kedap air. Motor ini juga terhitung irit untuk ukuran motor skutik.

Ada 4 tipe yang disediakan oleh Honda yaitu:
Honda BeAT SW : Masih menggunakan karburator, velg jari-jari.
Honda BeAT CW : Masih menggunakan karburator, velg castwheel (racing).
Honda BeAT FI SW : Menggunakan teknologi sistem injeksi, velg jari-jari
Honda BeAT FI CW: Menggunakan teknologi sistem injeksi, velg cast wheel (racing)
Honda Beat FI Combi Brake System : Menggunakan teknologi sistem injeksi, velg cast wheel (racing), dilengkapi dengan Combi Brake Sistem yang mampu mengkombinasikan rem depan dan belakang saat tuas rem di tekan.



Penjelasan dari produk kendaraan roda dua yakni Produk Suzuki Jenis Suzuki Address.

Di Indonesia, PT. Suzuki Indomobil Sales adalah perusahaan yang memproduksi dan memasarkan mobil, ATV dan sepeda motor merek Suzuki.
Motor Suzuki memanglah telah lama beredar di market Indonesia. Hingga saat ini, Suzuki selalu jadi motor dambaan beberapa rider di tanah air. Juga sebagai salah satu vendor paling baik otomotif dunia, Suzuki siap berkompetisi dengan vendor lain seperti Yamaha serta Honda.
Suzuki memiliki banyak jenis motor matic yakni Suzuki Nex, Suzuki Address, Suzuki Skydrive serta Suzuki Skywave. Motor itu memanglah sedikit kurang popular daripada motor matic punya yamaha atau Honda. Tetapi kwalitas ataupun spesifikasi dari motor matic suzuki betul-betul bagus serta berkwalitas sempurna.

Tipe dari suzuki address yakni:
·         Suzuki Address FI Menggunakan teknologi sistem injeksi velg cast wheel (racing)
·         Suzuki Address FI LG
·         Suzuki Address Elegant
·         Suzuki Address Moto Gp Edition (Spesial Edition)
·         Suzuki Address Black Predators
Komparasi antara kedua produk kendaraan diatas yakni Honda beat Pop dengan Suzuki Address.


Dari Sisi Design

Kedua skutik ini jika dilihat dari sisi design sudah beda ‘aliran’ … dimana Suzuki Address menggunakan lampu utama yang ditempatkan di batok, … sedangkan Honda Beat Pop CW ditempatkan di body depan …!!! Jika dulu persoalan peletakan lampu utama jadi hal yang dipertimbangkan oleh konsumen… kalau sekarang sudah nggak lagi… terjadi perubahan trend aka selera konsumen …!!! Jika dilihat dari sisi design… memang Suzuki Address ini ada improvement dibandingkan misalnya Suzuki Nex …!!! Leg Shield nya sama aza mengusung tema simple … sama halnya dengan Honda Beat Pop CW …!!! Honda Beat Pop CW … yang banyak disebut mengambil DNA Suzuki Nex … mencoba memanfaatkan penerimaan konsumen tentang lampu utama di body depan …!!! Jika Suzuki Nex lampu sein nya diatas lampu utama… maka Honda Beat Pop CW diletakkan di samping bawah lampu utama …!!! Soal design memang agak susah menjudge… nggak ada hitam putih… so monggo deeegh di pilih mana yang lebih ciamik diantara keduanya …!!!  



Dari Sisi Engine
Suzuki Address menggunakan engine 113cc SOHC,… compression rationya 9.4:1 … jika melihat dari sisi bore x stroke … Suzuki Address ini unggul dibandingkan Honda Beat Pop CW …!!! Sayang tidak ada info berapa power yang dihasilkan Suzuki Address… namun dari sisi torsi maksimum yang bisa diraih di angka 9.1 Nm pada 6000 RPM …!!! Agak aneh memang spec motor nggak menyertai power  yang disemburkan …!!! Sebaliknya Honda Beat Pop CW dengan engine yang lebih kecil 108.2cc SOHC mempunyai coompression ratio yang lebih tinggi yaitu 9.5:1 … dan dapat menghasilkan power sebesar 8.68 HP pada 7500 RPM, dan torsi maksimum sebesar 9.01 Nm pada 6500 RPM …!!! Untuk persoalan torsi Suzuki Address unggul tipis dibandingkan Honda Beat Pop CW … sedangkan untuk persoalan power nggak bisa dibandingin… lha wong yang satu nggak mengeluarkan power … opo mau ngarang taaagh … ??? 


Dari Sisi Features

Dari sisi sistem pengereman… kedua motor ini sama aza… depan dengan disc brake, sedangkan belakang dengan drum brake …!!! Berat motor relatif lebih ringan Honda Beat Pop CW … yaitu 94 kg… sedangkan Suzuki Address yaitu 97 kg … so disini power-to-weight ratio akan lebih berperan …!!! Suspensi juga sama antara keduanya … yaitu teleskopik untuk depan, dan monoshock untuk belakang …!!! Kapasitas bahan bakar Suzuki Address paling besar … yaitu 5.2 liters … sedangkan Honda Beat Pop sebesar 3.7 liters … !!! Soal ban gimana …??? Kedua skutik ini sama-sama menggunakan ban gambot … menggunakan 80/90-14 untuk depan, dan 90/90-14 untuk belakang …!!!
Kedua motor skutik sudah dilengkapi dengan parking brake lock … sama-sama menggunakan smart key shutter …!!! Sayang memang… Suzuki Address tidak dilengkapi dengan side stand switch … suatu piranti yang sudah harus ada untuk sebuah skutik …!!! Sedangkan Honda Beat Pop CW sudah melengkapi fitur side stand switch dari dulu …!!! Kalau soal bagasi … memang Suzuki Address lebih besar… bisa muat 20.6 liters… bandingkan dengan Honda Beat Pop CW sebesar 11 liters …!!! Dari sisi penggunaan bahan bakar … belum ada data yang juragan test dari motor konsumen… jadi nggak bisa diungkap …!!!


Gambar. Jok Motor Honda Beat.


Gambar. Jok Motor Suzuki Address.

Dari sisi After Sales Services

Walau sama-sama pabrikan Jepang… namun kalau soal after sales… jaringan dealer Honda lebih banyak dibandingkan Suzuki … sehingga jangkauan pelayanan lebih luas Honda ketimbang Suzuki …!!! Kalau berbicara kepiawaian mekanik… yaaagh sama aza antara mekanik Honda dan Suzuki …!!!


untuk perfoma mesinya sendiri Honda BeAt Pop eSP ini mengusung pola mesin dengan sistem SOHC, 4 katup dengan kapasitas mesin motor sebesar 110cc. Sementara itu untuk mengefisiensikan pemakaian bahan bakar Honda melengkapinya dengan teknologi Fuel Injection sebagai sistem penyuplai bahan bakarnya. Nah sob apakah kalian berminat membeli skuter metic dari Honda seperti yang satu ini? Namun sebelum anda membeli motor metik ini sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu harga Honda BeAT Pop eSP dan spesifikasi dari metic ini, untuk itu otomaniac.com telah merangkum secara singkat mengenai Spesifikasi dan Harga Honda BeAT Pop eSP. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Honda BeAT Pop eSP
Mesin
  • Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP
  • Kelas : 110 cc
  • Volume Langkah : 108,2 cm3
  • Diameter X Langkah : 50 x 55,1 mm
  • Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
  • Daya Maksimum : 6.38 kW (8.68 PS) / 7.500 rpm
  • Torsi Maksimum : 9,01 Nm (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm
  • Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik
  • Tipe Kopling : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
  • Tipe Transmsi : Otomatis, V-Matic
  • Tipe Starter : ACG Starter, pedal & elekterik
  • Jumlah Silinder : 1
  • Katup Tiap Silinder : 2
Dimensi
  • Dimensi: 1.867 x 678 x 1.074 mm
  • Berat : 95 kg / 94 kg (tipe CW)
  • Jarak Sumbu Roda : 1.256 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 140 mm
  • Kapasitas tangki : 3.7 Liter
Rangka
  • Rangka : Tulang punggung
  • Suspensi depan : Teleskopik
  • Suspensi belakang : Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
  • Ukuran Ban Depan : 80/90 – 14 M/C 40P
  • Ukuran Ban Belakang : 90/90 – 14 M/C 46P
  • Rem Depan : Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
  • Rem Belakang : Tromol
Kelistrikan
  • Tipe Battery : Battery 12V-3Ah, tipe MF
  • Busi : NGK MR9C-9N / Denso V27EPR-N9
  • Pengapian : Full Transisterized, Baterai

Harga Honda BeAT Pop eSP
Harga Honda BeAT Pop eSp CW
  • Rp 14.300.000
Harga Honda BeAT Pop eSP CBS
  • Rp 14.500.000
Harga Honda BeAT eSP CBS ISS
  • Rp 15.000.000

Nah kali ini kita akan menghitung dan seringkali melihat suatu engine dengan kapasitas mesin (cc) yang dibulatkan, meski ada juga yang murni tanpa pembulatan, contohnya engine dengan kapasitas 108,1 cc, biar enak terdengar ditelinga konsumen, biasanya dibulatkan menjadi 110 cc (lebih familier), nah hal tersebut biasanya sering kita ngak tau akan aktualnya, tanpa kita hitung secara langsung kapasitas sebuah engine tersebut, tentunya dengan sebuah rumus matematika…pingin tau gimana ngitungnya..? monggo disimak penjelasan dibawah ini mazbro…

Kapasitas mesin (displacement) dengan satuan (V) adalah menghitung sebuah volume yang didapat dari perbindahan piston dari TMB menuju TMA, dimana untuk menghitung volume tersebut, bisa dihitung dengan sebuah rumus :

V = ∏ x (DxD)  x L x N
                   4
Ket :
D : Diameter silinder (Bore)
L : Langkah (Stroke)
∏ : Rumus absolute sebuah lingkaran (3.14)
N : Jumlah silinder

Example : 

Sebuah motor memiliki langkah 55,1 mm (5,51 cm) dan diameter cylinder 50 mm (5 cm) berapakah kapasitas / cc dari mesin tersebut…?

Jawab :

Rumus dasar : V = ∏ x D2 x Lx N
                                           4                   
V =  3.14 x (5.0 x 5.0) x 5,51 x 1
                         4
V =  432.535
              4
V = 108.133 cc

Nah dari hitung hitungan diatas maka motor yang memiliki langkah 55,1 mm dan diameter cylinder 50 mm, kapasitas / cc nya adalah “108.133 cc”

Setiap orang tentunya akan langsung tau kalau motor ini merupakan matic besutan suzuki, pasalnya pada bagian depan, tepat pada bagian lampu sein, suzuki sendiri menggunakan desain meruncing ala shogun SP, yang dibentuk dalam tampilan meruncing, dan di bagian bawah tempat plat nomor, terpasang emblem suzuki berlapis chrome, yang menunjukan bahwa dirinya memang motor yang dibuat oleh Suzuki. Terlepas dari masalah desain, kenyamanan Address F1 terbilang tinggi berkat dukungan berbagai sektor didalam tubuhnya.

Terutama pada bagian tempat duduk, dikarenakan pada bagian ini, pihak Suzuki sendiri membuat jok berukuran lebar, yang di topang dengan menggunkan busa tebal, baik itu pada bagian depan maupun belakang. Adanya hal demikian, tentunya akan menjadikan pengguna lebih nyaman dan merasa tetap empuk sekalipun telah menempuh perjalanan jauh. Apalagi dengan posisi riding yang akan memposisikan si pengguna duduk tegap, tentunya akan memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai macam manuver waktu di jalan.

Tapi meski demikian besarnya, hal itu tidak mempengaruhi bentuk tubuhnya, pasalnya desain slim dan sporty telah di terapkan terhadap Suzuki Address FI, jadi seolah akan membuat para pengguna lebih mudah menerobos jalanan di tengah kemacetan parah yang ada di kota-kota sekarang ini. Sementara itu, soal pemakaian bahan bakar, sesuai apa yang kami katakan di atas, teknologi injeksi telah melengkapinya, sehingga di pastikan irit, tapi lebih jelasnya lagi, sobat otomotif bisa langsung ulasan lengkapnya dalam Spesifikasi dan Harga Suzuki Address FI dibawah ini.

Spesifikasi Suzuki Address FI
Mesin
  • Tipe : 4 langkah, SOHC, Berpendingin Udara
  • Jumlah Silinder : single cyliner
  • Volume Silinder : 113 cc
  • Diameter x langkah: 51.0 mm x 55.2 mm
  • Rasio Kompresi : 9.4:1
  • Sistem Pengapian : Electronic ignition (Transistorized)
  • Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
  • Tipe Starter : Electric & kick starter
  • Tipe Transmsi : CVT
  • Jumlah Silinder : 1
  • Katup Tiap Silinder : 2
Dimensi

  • Dimensi (PxLxT) : 1.845 mm X 665 mm X 755 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1.260 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 120 mm
  • Tinggi Tempat Duduk : 755 mm
  • Berat : 95 kg
  • Kapasitas tangki : 5.2 liter
Rangka
  • Suspensi depan : Teleskopik, per ulir, Peredam Oli
  • Suspensi belakang : Tipe lengan ayun, per ulir, Peredam Oli
  • Ukuran Ban Depan : 80/90-14 M/C 40P
  • Ukuran Ban Belakang : 90/90-14 M/C 46P
  • Rem Depan : Cakram
  • Rem Belakang : Tromol

Harga Suzuki Address FI

Harga Suzuki Address FI LG Baru
  • Rp. 14.895.000,-
Harga Suzuki Address FI Standard Baru
  • Rp. 14.550.000,-
Harga Suzuki Address FI Elegant Baru
  • Rp. 15.550.000,-

Nah kali ini kita akan menghitung dan seringkali melihat suatu engine dengan kapasitas mesin (cc) yang dibulatkan, meski ada juga yang murni tanpa pembulatan, contohnya engine dengan kapasitas 112,7 cc, biar enak terdengar ditelinga konsumen, biasanya dibulatkan menjadi 113cc (lebih familier), nah hal tersebut biasanya sering kita ngak tau akan aktualnya, tanpa kita hitung secara langsung kapasitas sebuah engine tersebut, tentunya dengan sebuah rumus matematika…pingin tau gimana ngitungnya..? monggo disimak penjelasan dibawah ini mazbro…

Kapasitas mesin (displacement) dengan satuan (V) adalah menghitung sebuah volume yang didapat dari perbindahan piston dari TMB menuju TMA, dimana untuk menghitung volume tersebut, bisa dihitung dengan sebuah rumus :

V = ∏ x (DxD)  x L x N
                   4
Ket :
D : Diameter silinder (Bore)
L : Langkah (Stroke)
∏ : Rumus absolute sebuah lingkaran (3.14)
N : Jumlah silinder

Example :
Sebuah motor memiliki langkah 55.2 mm (5,52 cm) dan diameter cylinder 51.0 mm mm (5.1 cm) berapakah kapasitas / cc dari mesin tersebut…?

Jawab :

Rumus dasar : V = ∏ x D2 x Lx N
                                           4                   
V =  3.14 x (5.1 x 5.1) x 5,52 x 1
                         4
V =  450.826
              4
V = 112.706 cc

Nah dari hitung hitungan diatas maka motor yang memiliki langkah 55,2 mm dan diameter cylinder 51.0 mm, kapasitas / cc nya adalah “112.706 cc”

Nah gimana brosis sudah paham toh mengenai cara menghitung sebuah cc suatu kendaraan…!! Emang ada beberapa rumusan yang menjabarkan cara menghitung suatu cc, tapi pada intinya semuanya sama, hasilnya juga sama..bedanya cuma caranya saja… monggo mau pilih rumus yang kangbro ajari atau rumus lain, intinya sama kok.

Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknologi Informasi dan Multimedia #MULTIMEDIA_APRIL

       Pendahuluan Mengenai Physical Layer        Penjelasan Awal dari sebuah Physical Layer yakni dengan menjelaskan Apa itu Model OS...