Minggu, 23 Oktober 2016

Perbandingan Maskapai Garuda Indonesia dengan Maskapai Indonesia Air Asia

Maskapai penerbangan

Indonesia merupakan sebuah negara yang terdapat di Asia Tenggara. Negara ini merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara ini memiliki lebih dari 100.000 pulauyang tersebar sepanjang katulistiwa. Oleh karena itu, transportasi udara merupakan salah satu transportasi utama di negara ini. Semenjak tahun 2000, peraturan mengenai penerbangan di Indonesia mulai dilonggarkan, hal ini menyebabkan banyaknya maskapai-maskapai penerbangan baru di Indonesia.


Sebuah Boeing 747-400 milik Virgin Atlantic Airways, salah satu maskapai penerbangan terbesar UK. Sebuah maskapai penerbangan adalah sebuah organisasi yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang atau barang. Mereka menyewa atau memiliki pesawat terbang untuk menyediakan jasa tersebut dan dapat membentuk kerja sama atau aliansi dengan maskapai lainnya untuk keuntungan bersama.
Istilah "maskapai" berasal dari bahasa Belanda maatschappij yang berarti "perusahaan".

Klasifikasi pesawat terbang

Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Namun dalam dunia penerbangan, istilah pesawat terbang berbeda dengan pesawat udara, istilah pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup pesawat terbang dan helikopter.
Ada dua klasifiksai pesawat terbang. Pertama, pesawat yang lebih berat daripada udara (aerodin). Pesawat yang termasuk jenis ini, yaitu autogiro, helikopter, dan pesawat bersayap tetap. Kedua, pesawat yang lebih ringan daripada udara (aerostat). Pesawat yang termasuk dalam jenis ini di antaranya kapal udara.
 Daftar maskapai niaga yang berjadwal di Indonesia
No.
Daftar Maskapai Penerbangan
Maskapai yang Tidak Beroperasi
1.
Aviastar
Beroperasi
2.
Batavia Air
(Tidak Beroperasi)
3.
Batik Air
Beroperasi
4.
Citilink
Beroperasi
5.
Garuda Indonesia
Beroperasi
6.
Indonesia AirAsia
Beroperasi
7.
Kalstar Aviation
Beroperasi
8.
Lion Air
Beroperasi
9.
Mandala Tigerair
(Tidak Beroperasi)
10.
Merpati Nusantara Airlines
(Tidak Beroperasi)
11.
NAM Air
Beroperasi
12.
Sky Aviation
(Tidak Beroperasi)
13
Sriwijaya Air
Beroperasi
14
Susi Air
Beroperasi
15
TransNusa
Beroperasi
16
Wings Air
Beroperasi
17.
Xpress Air
Beroperasi

Ket : 
1.Masih banyak Maskapai pesawat terbang lainnya yang tidak bisa saya lampirkan di tabel diatas ada beberapa maskapai pesawat yang sudah tidak beroperasi dan ada yang masih beroperasi hingga saat ini, Pada penjelasan saya untuk mengambil suatu perbandingan dari beberapa maskapai penerbangan yang sudah terlampau sangat baik dan untuk kenyamanan (Fasilitas) dan keselamatan untuk Maskapai dari Garuda indonesia Airlines dan untuk Indonesia Air Asia dari tabel diatas pada sebuah maskapai mempunyai beragam fasilitas yang berbeda bagi penumpang.

2.Di jaman sekarang ini memakai pesawat untuk berpergian jauh sudah tak asing lagi di telinga. Sudah banyak perusahaan-perusahaan maskapai penerbangan yang berada di Indonesia. Persaingan diantara maskapai penerbangan menyebabkan setiap maskapai penerbangan harus meningkatkan kualitas layanan. Peningkatan kualitas layanan ini salah satunya adalah dengan memberlakukan sistem distribusi tiket yang meningkatkan kenyamanan calon penumpang. Demikian halnya dengan Maskapai penerbangan Garuda, Air Asia dan maskapai lainnya menerapkan sistem online dalam distribusi tiketnya.


GARUDA INDONESIA
Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia yang terbang ke lebih 40 tujuan domestik dan 36 tujuan internasional. Garuda Indonesia meraih penghargaan sebagai Maskapai Penerbangan Regional Terbaik di Dunia yang diberikan oleh Skytrax yang berbasis di London. Terbang untuk pertama kalinya di tahun 1949, saat ini Garuda Indonesia membawa lebih dari 25 juta penumpang setiap tahunnya. Garuda Indonesia mengoperasikan tipe pesawat berikut ini berdasarkan kelasnya masing-masing :

1. KELAS UTAMA (FIRST CLASS)
Garuda Indonesia menggunakan pesawat Boeing 777-300ER yang menyediakan 8 kursi kelas utamadengan fasilitas mewah berikut :
a.Sliding door di setiap suite.
b.Kursi ekonomis yang dapat diubah menjadi tempat tidur datar yang dapat diatur melalui seat control di layar sentuh. Kursi ini juga dilengkapi dengan matras, selimut, dan bantal.
c.Meja untuk menikmati hidangan makanan, lemari dan lampu baca pribadi.
d.Pembatas suite di bagian tengah dapat disesuaikan untuk mempermudah percakapan dengan penumpang suite yang berada di sebelahnya.
e. In flight entertainment dengan 23.5 inci touch screen LCD yang dilengkapi remote control dan headphone kedap suara.

2. KELAS BISNIS (EXECUTIVE CLASS)
Bagi kelas bisnis, Garuda Indonesia menggunakan Pesawat Boeing 747-400 dan Boeing 737 yang masih menggunakan kursi eksekutif lama dengan ruang kaki 46″ dan panjang kursi 16″. Sementara di Boeing 737 seri 300, 400, 500, dan 800 memiliki ruang kaki 41″ dan panjang kursi 19″. Adapun fasilitasnya adalah sebagai berikut :
a. Kursi model flat bed dengan ruang kaki 74″ dan dapat diandalkan hingga 180 derajat yang dilengkapi sandaran tangan 11 inci.
b. Layar sentuh LCD dengan AVOD, colokan listrik, serta lampu baca pribadi di setiap kursi.

3. KELAS EKONOMI (ECONOMY CLASS)
Garuda Indonesia menggunakan tipe pesawat Air bus A330-200, Air bus A330-300, dan Boeing 737-800 NG dengan fasilitas kursi ekonomi yang lebih baru dengan layar sentuh LCD AVOD 9 inci.
Rata-rata umur pesawat yang digunakan oleh maskapai Garuda adalah di bawah 4 tahun untuk melakukan efisiensi bahan bakar dan biaya perawatan. Maskapai Garuda Indonesia juga menggunakan jenis pesawat ATR 72-600 yang beroperasi dengan nama Garuda Explorer, dan tipe Bombardier CRJ 1000 NextGen yang digunakan untuk melayani rute terpencil di Indonesia Timur. Berikut rincian jenis dan jumlah pesawat yang digunakan Garuda Indonesia :
1. LATR 72-600 – 8 buah
2. Bombardier CRJ 1000 – 15 buah
3. Airbus A330-200 – 11 buah
4. Airbus A330-300 – 11 buah
5. Boeing 737-800 – 76 buah
6. Boeing 747-400 – 2 buah
7. Boeing 777-300ER – 6 buah
COUNTER CHECK-IN
Penumpang disarankan untuk check-in di bandara setidaknya 1 jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik, tetapi lebih baik tiba di bandara lebih awal. Setibanya di bandara, menunjukkan paspor atau kartu identitas di check-in counter dan melanjutkan ke ruang tunggu. Check-in dibuka 2 jam sebelum jadwal keberangkatan dan ditutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan.
ONLINE CHECK-IN
Online check-in berlaku antara 24 sampai 4 jam sebelum waktu keberangkatan di www.garuda-indonesia.com. Anda harus memiliki informasi e-tiket tersedia – nomor tiket, Nama Penumpang Rekam dan Kode Pemesanan. Penumpang dianjurkan tetapi tidak diperlukan untuk mencetak tanda terima check-in yang akan ditukar dengan boarding pass di bandara check-in counter. Penumpang diminta untuk melaporkan dokumen perjalanan pada counter check-in paling tidak 45 menit sebelum waktu keberangkatan untuk verifikasi dan check-in bagasi.
Gambar 1.1 Maskapai Garuda Indonesia ( Bandara Soekarno - Hatta)

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda adalah nama burung mitos dalam legenda pewayangan. Garuda Indonesia dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.

Tabel 1.1 Harga Tiket Pesawat Garuda Indonesia (GA)

PENERBANGAN DOMESTIK DARI JAKARTA (SOEKARNO -HATTA)
NO.
TIKET PESAWAT
HARGA
1.
Jakarta »
Denpasar Bali
Rp. 1.078.803
2.
Jakarta »
Surabaya
Rp. 918.620
3.
Jakarta »
Yogyakarta
Rp. 649.000
4.
Jakarta »
Semarang
Rp. 385.000
5.
Jakarta »
Makassar
Rp. 983.800
6.
Jakarta »
Medan
Rp. 754.500
7.
Jakarta »
Palembang
Rp. 440.000
8.
Jakarta »
Balikpapan
Rp. 586.300
9.
Jakarta »
Bandar Lampung
Rp. 355.000
10.
Jakarta »
Pontianak
Rp. 481.800

PENERBANGAN INTERNASIONAL DARI JAKARTA (SOEKARNO -HATTA)
NO.
TIKET PESAWAT
HARGA
1.
Jakarta »
Singapura
Rp. 799.000
2.
Jakarta »
Kuala Lumpur
Rp. 1.124.316
3.
Jakarta »
Bangkok
Rp. 819.000
4.
Jakarta »
Hongkong
Rp. 1.755.008
5.
Jakarta »
Seoul
Rp. 2.935.000
6.
Jakarta »
Guangzhou
Rp. 1.854.513
7.
Jakarta »
Tokyo
Rp. 3.796.916
8.
Jakarta »
Sydney
Rp. 2.197.750
9.
Jakarta »
Manila
Rp. 7.044.125
10.
Jakarta »
Amsterdam
Rp. 7.525.598

Ket : 
1. Untuk Penerbangan Domestik dari  Jakarta menggunakan pesawat Garuda indonesia dengan menggunakan Tabel (Tiket Pesawat dan juga Harga Tiket) untuk harga tiket tersebut dapat berubah ubah sesuai dengan (jadwal hari / pemberangkatan) dan juga masih banyak bandara di indonesia yang tidak bisa disebutkan 1/1 untuk keberangkatan pesawat dan untuk masuk ke bandara Negara yang sama (penerbangan domestik) .
2. Untuk Penerbangan Internasional dari  Jakarta menggunakan pesawat Garuda indonesia dengan menggunakan Tabel (Tiket Pesawat dan juga Harga Tiket) untuk harga tiket tersebut dapat berubah ubah sesuai dengan (jadwal hari / pemberangkatan) di dalam (penerbangan internasional) itu dari Luar Negeri ke Dalam Negeri (Indonesia). 


AIR ASIA INDONESIA
Air Asia Indonesia Maskapai penerbangan yang berasal dari Malaysia ini melayani 26 rute dengan penerbangan yang terkoneksi melalui lima bandara penghubung, yaitu Cengkareng, Bandung, Denpasar, Surabaya, dan Medan dan merupakan asosiasi dari maskapai penerbangan Air Asia yang berpusat di Jakarta, Indonesia, dengan pusat sekunder di Bandara Denpasar di Bali. Maskapai ini terdaftar dalam kategori 1 oleh Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia untuk kualitas keselamatan penerbangan dengan dukungan jenis pesawat Airbus A320-200 dan Airbus A320neo dalam kegiatan operasionalnya.

KELAS EKONOMI DAN KELAS BISNIS
Indonesia AirAsia memiliki kategori hot-seat dan kelas ekonomi. Tempak duduk hot-seat berada di baris 1 sampai 5 dan di dekat pintu-pintu darurat (12 dan 14). Tempak duduk hot-seat memiliki ruang untuk kaki yang lebih lega. Penumpang yang memilih hot-seat akan mendapatkan fasilitas untuk naik ke pesawat terlebih dahulu. Penumpang yang ingin untuk duduk di tempat yang berada di dekat pintu-pintu darurat diharuskan untuk sehat dan mampu secara fisik.
Penumpang premium bisa mendapatkan layanan Red Carpet dengan keunggulan check-in di area khusus, akses gratis ke lounge, jalur antrian cepat, serta perlakuan bagasi khusus (pengiriman prioritas setelah kedatangan). Layanan Red Carpet tersedia untuk semua penerbangan AK, FD dan QZ berangkat dari tujuan yang dipilih.

PROSES CHECK-IN AIRASIA
Konter check-in AirAsia buka 3 jam sebelum dan tutup 60 menit sebelum jadwal waktu keberangkatan penerbangan. Setibanya di bandara, tunjukkan paspor atau kartu identitas pada saat check-in di Konter dan lanjutkan naik ke pintu gerbang. Penumpang juga dapat menggunakan fasilitas mobile check-in, self check-in, dan check-in online.


Gambar 1.2 Maskapai AIR ASIA INDONESIA ( Bandara Soekarno - Hatta)


Air Indonesia merupakan anak perusahaan dari AirAsia di mana AirAsia memiliki 49% saham dan selebihnya di miliki oleh mitra Indonesia. Maskapai ini mulai beroperasi pada tahun 2000 sebagai Awair, namun seluruh penerbangan nya dihentikan pada Maret 2002. Dan pada bulan Desember 2004 maskapai Awair beroperasi kembali dengan rute domestik sebagai anak perusahan dari AirAsia dan setahun kemudian namanya diubah menjadi AirAsia indonesia.

AirAsia Indonesia mengalami kesulitan dalam bersaing untuk rute domestik Indonesia dengan Lion Air namun AirAsia Indonesia menjadi salah satu maskapai penting untuk rute internasional dari dan ke Indonesia. AirAsia Indonesia memiliki 24 pesawat yang seluruhnya adalah Airbus A320-200.

Tabel 1.2 Harga Tiket Pesawat INDONESIA AIR ASIA (QZ)

PENERBANGAN DOMESTIK DARI JAKARTA (SOEKARNO -HATTA)
NO.
TIKET PESAWAT
HARGA
1.
Jakarta »
Denpasar Bali
Rp. 814.000
2.
Jakarta »
Yogyakarta
Rp. 649.000
3.
Jakarta »
Surabaya
Rp. 440.000



PENERBANGAN INTERNASIONAL DARI JAKARTA (SOEKARNO -HATTA)
NO.
TIKET PESAWAT
HARGA
1.
Jakarta »
Kuala Lumpur
Rp. 525.000
2.
Jakarta »
Penang
Rp. 769.000
3.
Jakarta »
Bangkok
Rp. 690.442

PENERBANGAN DOMESTIK DARI SOLO (ADI SUMARMO)
NO.
TIKET PESAWAT
HARGA
1.
Jakarta             »
Solo
Rp. 462.000
2.
Batam              »
Solo
              Rp. 760.000
3.
Denpasar Bali »
Solo
Rp. 1.109.100
4.
Balikpapan      »
Solo
Rp. 912.600
5.
Pontianak        »
Solo
Rp. 828.400
6.
Lombok           »
Solo
Rp. 520.300


PENERBANGAN INTERNASIONAL DARI SOLO (ADI SUMARMO)
NO.
TIKET PESAWAT
HARGA
1.
Kuala Lumpur »
Solo
Rp. 878.492
2.
Seoul               »
Solo
Rp. 6.345.975
3.
Singapura        »
Solo
Rp. 1.023.430
4.
Riyadh             »
Solo
Rp. 5.371.492
5.
Penang             »
Solo
Rp. 1.394.300
6.
Johor Bahru     »
Solo
Rp. 2.978.903

Ket : 
1. Untuk Penerbangan Domestik dari  Jakarta dan solo menggunakan pesawat Indonesia AIR ASIA dengan menggunakan Tabel (Tiket Pesawat dan juga Harga Tiket) untuk harga tiket tersebut dapat berubah ubah sesuai dengan (jadwal hari / pemberangkatan) dan juga masih banyak bandara di indonesia yang tidak bisa disebutkan 1/1 untuk keberangkatan pesawat dan untuk masuk ke bandara Negara yang sama (penerbangan domestik) .
2. Untuk Penerbangan Internasional dari  Jakarta dan solo menggunakan pesawat Indonesia AIR ASIA dengan menggunakan Tabel (Tiket Pesawat dan juga Harga Tiket) untuk harga tiket tersebut dapat berubah ubah sesuai dengan (jadwal hari / pemberangkatan) di dalam (penerbangan internasional) itu dari Luar Negeri ke Dalam Negeri (Indonesia).

KESIMPULAN
1. Suatu bandar udara domestik merupakan sebuah bandar udara yang hanya menangani penerbangan domestik atau penerbangan di negara yang sama. Bandara domestik tidak memiliki fasilitas bea cukai dan imigrasi dan tidak mampu menangani penerbangan menuju atau dari bandara luar negeri.
2. Suatu bandar udara internasional merupakan sebuah bandar udara yang dilengkapi dengan fasilitas Bea dan Cukai dan imigrasi untuk menangani penerbangan internasional menuju dan dari negara lainnya. Bandara internasional sering menangani penerbangan domestik (penerbangan yang terjadi di satu negara) juga penerbangan internasional
3.Garuda Indonesia cendrung memakai golongan menengah ke atas dan Indonesia Air Asia adalah golongan menengah ke bawah.

SARAN
1. Jika anda ingin berpergian ke luar negeri atau pun masih didalam negeri pilihlah armada / maskapai yang ingin anda naik-ki.
2. Jika anda ingin memilih armada / maskapai dari perbandingan diatas yang sudah dijelaskan dan sesuaikan dengan isi dari tabungan anda atau kantong dompet anda karena dari ke dua maskapai tersebut mempunyai fasilitas dan kelas pesawat yang berbeda tentunya dan tentu masih banyak lagi saran yang masih belum saya lampirkan disini , mohon maaf jika ada salah kata.
  


DAFTAR PUSTAKA\

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknologi Informasi dan Multimedia #MULTIMEDIA_APRIL

       Pendahuluan Mengenai Physical Layer        Penjelasan Awal dari sebuah Physical Layer yakni dengan menjelaskan Apa itu Model OS...