Senin, 07 November 2016

Perbandingan Produk Kendaraan sepeda motor dengan menggunakan tabel perhitungan antara Honda sonic dengan All new satria.

Perkembangan Produk sepeda motor,(Suzuki Satria F 150cc) pada tahun ke tahun.

Umumnya Suzuki Satria adalah sepeda motor yang dibuat oleh Suzuki, pertama kali dirilis sebagai sepeda dua-stroke di Indonesia pada tahun 1998. Banyak model berikutnya telah diluncurkan sejak saat itu. Perubahan utama adalah pembebasan empat-stroke motor sport Satria F.
Sepeda motor terkenal ini mempunyai konsumsi bahan bakar yang tinggi, pengereman mendadak dan interval pendek antara perubahan minyak. Namun, akselerasi motor dan kelincahan yang jauh melebihi sepeda motor 4-stroke umum lainnya di negeri ini.
Tipe pertama dirilis pada tahun 1998, dengan berikut kedua dan ketiga pada tahun 2002 dan 2004. tipe 4-stroke dirilis pada tahun 2004 dan model baru yang dirilis setiap tahun. 2-stroke model yang (Satria 120-120 cc) berhenti yang dijual pada tahun 2006. Penerusnya dirilis pada tahun 2004 diberi nama F-150 (yang dikenal, di tempat lain, seperti Suzuki Raider 150).

Penjelasan Produk sepeda motor ,(Honda Sonic 150 cc) pada perubahan varian warna.

Honda Sonic 150R tipe sepeda motor ayago (ayam jago) (hyper-underbone) diproduksi oleh PT Astra Honda Motor. Diluncurkan pada Agustus 2015 bersamaan dengan motorsport All-New Honda CB150R StreetFire. Honda Sonic 150R adalah generasi penerus dari Honda Sonic 125RS yang diproduksi oleh A.P. Honda, Thailand. Honda Sonic 150R ditujukan untuk penggemar motor sporty.
Honda Sonic150R memiliki karakter yang kuat dan tajam, serta komponen-komponen yang ramah lingkungan dan terkini, seperti halnya Lampu, Sistem Pembakaran dan Speedometer.Lampu telah menggunakan jenis LED dan Speedomer tidak lagi menggunakan Analog, tidak seperti versi sebelumnya, melainkan Sonic 150R sudah dilengkapi Spedometer Full Digital. Honda Sonic 150R diperbarui pada bulan Agustus 2016 dengan 4 Pilihan Warna baru model Facelift 2016, warna sebelumnya seperti Magenta dihilangkan dan warna hitam dirubah menjadi hitam Matte atau Doff.
Pada Prinsipnya saya akan menjelaskan tentang suatu produk dengan menggunakan tabel perhitungan produk tersebut diatas.
Suzuki satria injeksi terbaru mengadopsi sistem injeksi karena agar penggunaan BBM lebih efisien plus potensi performa jauh lebih besar, untuk detailnya kamu bisa lihat fitur dan warna satria fu injeksi di manual sales.  Maklum suzuki yang tadinya menggunakan kaburator sekarang sudah bisa move on dengan menggunakan sistem injeksi untuk detailnya kamu bisa baca di spesifikasi satria injeksi.





 Memiliki nama Honda Sonic 150R, motor ini dimasukan oleh honda ke dalam varian tipe sport, yang mana motor ini merupakan sebuah upgrade dari versi pendahulunya, yang pernah hilang bak tertelan bumi. Namun seiring berjalannya waktu, honda pun melakukan sebuah inovasi baru, dengan menjadikan motor legenda miliknya menjadi sebuah motor tipe sport modern bergaya sporty. Dilihat secara sepintas, motor ini hampir mirip dengan produk yang dikeluarkan oleh kompetitornya yang memiliki logo S sebagai pengenalnya.



Ada berbagai Kriteria dari sebuah produk sepeda motor di atas ialah suzuki satria fu injection dengan honda sonic yang telah dilakukan suatu komparasi dari kedua motor tersebut maka ada berbagai step diantara keduanya maka step-step diantara keduanya ialah sebagai berikut.
1. Dari konsep Desain Motor Tersebut.


Tabel 1.1 Data Spesifikasi Produk
DATA SPESIFIKASI

NEW SONIC
ALL NEW SATRIA
TIPE MESIN
4 Langkah
4 Langkah
KLEP
DOHC 4 KLEP
DOHC 4 KLEP
PENDINGINAN
Cairan
Cairan
BORE X STROKE
57,3 mm x 57,8 mm
62 mm x 48,8 mm
KAPASITAS
149,16 cc
147,3 cc
PENGABUTAN
Injeksi
Injeksi
TRANSMISI
6 speed
6 speed
TENAGA MAKSIMAL
15,8 dk / 9.000 rpm
18,2 dk / 10.000 rpm
TORSI MAKSIMAL
13,5 Nm / 6.500 rpm
13,8 Nm / 8.500 rpm
P x L x T
1.941 mm x 669 mm x 997 mm
1.960 mm x 675 mm x 970 mm
BOBOT KOSONG
114 kg
109 kg
TINGGI JOK
762 mm
765 mm
JARAK SUMBU RODA
1.275 mm
1.280 mm
JARAK TERENDAH
140 mm
150 mm
KAPASITAS TANGKI
4 Liter
4 Liter
SUSPENSI DEPAN
TELESKOPIK
TELESKOPIK
SUSPENSI BELAKANG
MONOSOK
MONOSOK
REM DEPAN
CAKRAM 1 PISTON
CAKRAM 2 PISTON
REM BELAKANG
CAKRAM 1 PISTON
CAKRAM 1 PISTON
RODA DEPAN
70/90-17 38P
70/90-17 38P
RODA BELAKANG
80/90-17 50P
80/90-17 50P
KET KLAIM PABRIK

1. Dari Konsep Desainnya.

Desain yang terlihat pada Sonic futuristic ddan dinamis karena banyak lekukan yang berkesan 3D. Garis bodinya konsisten dari depan sampai belakang, sehingga lebih enak dilihat. Desain ini seperti pendahulunya, Sonic RS125 asal Thailand. Makin keren pakai pelek model Y.
All New Satria juga menawarkan desain yang tajam yang mengesankan kencang dan sporti. Sayang enggak konsisten, karena headlamp malah sedikit membulat mirip topeng robot, dan lampu rem pun malah membulat, bahkan di bawahnya ada sayap sepatbor yang berkesan merusak desain. Dari sisi fungsi sih penting untuk menahan kotoran.

2. Dari Fitur & Teknologi
Tabel 1.2 Fitur & Teknologi Produk
FITUR & TEKNOLOGI PRODUK


NEW SONIC 150R
ALL NEW SATRIAN F150
TAKOMETER
DIGITAL
DIGITAL
SPIDOMETER
DIGITAL
DIGITAL
ODOMETER
ADA
ADA
TRIPEMETER
-
ADA A & B
FUEL METER
ADA
ADA
INTERVAL OLI
-
ADA
SHIFT LIGHT
-
ADA
JAM
-
ADA
BAGASI
-
ADA
UKURAN PELEK
1,85 & 2,15
1,60 & 1,85
JENIS BAN
TUBELESS
TUBELESS
UKURAN BAN
70/90-17 (DEPAN)
70/90-17 (DEPAN)

80/90-17 (BELAKANG)
80/90-17 (BELAKANG)
REM
CAKRAM
CAKRAM
TRANSMISI
6 SPEED
6 SPEED
LAMPU DEPAN
LED
LED
LAMPU REM
BOHLAM
BOHLAM
KEY SHUTTER
PUTAR
TEKAN
FOOTSTEP DEPAN
FIX
FLEKSIBEL

Lampu utama Honda Sonic sudah LED, sedang sein dan rem masih bohlam biasa. Panel indikatornya sudah digital, isinya takometer model bar, spidometer, odometer, posisi gigi dan lampu-lampu, sayang tak ada jam dan tripmeter. Sebagai pengaman kontak dibekali shutter key. Peleknya berukuran 1.85x17 dan 2.15x17 dibalut ban 70/90-17 dan 80/90-17.
Pengereman depan pakai cakram lebar 296 mm dijepit kaliper 1 piston. Belakang juga cakram 1 piston. Footstep depan Sonic pakai karet dan tak bisa dilipat. Suspensinya depan teleskopik khas ayam jago berdiameter as 26 mm. Setang jepit tapi tinggi sehingga berkendara lebih bersahabat. Sedangkan belakang monosok konvensional, tanpa link dan enggak bisa disetel.
Suzuki juga membekali All New Satria dengan lampu utama LED. Nah bagian spidometernya keren sudah mengusung full digital dengan sapaan “FU 150 Ready Go” ketika kontak on. Isinya lebih lengkap, mulai dari takometer yang mencapai 13.000 rpm, di bawahnya ada spidometer dengan angka berukuran besar yang mudah dibaca.
Selanjutnya ada jam, gear position, fuelmeter, interval penggantian oli, odometer, trip A dan B. Bahkan ada shift light dengan 4 pilihan mode, yang pertama mati, lalu low akan menyala di 4.500 rpm, high menyala di 9.500 dan custom yang bisa diatur sesuai keinginan pengendara mulai dari 3.000 rpm sampai 11.500 rpm.
Suzuki juga melengkapi Satria dengan bagasi kecil yang cukup untuk menaruh sarung tangan dan lap kecil atau karcis parkir, sayang engselnya terasa ringkih karena goyang. Peleknya lebih sempit dari Sonic, depan hanya 1,60x17 dengan ban 70/90-17 dan belakang 1,85x17 berbalut ban 80/90-17.
Sedang suspensi depan sama model ayam jago dengan diameter as 26 mm. Belakang pun monosok tanpa link dan enggak bisa disetel. Footstep depan logam dan bisa dilipat.
Shutter key Satria juga model baru, tidak perlu diputar untuk membuka pengunci magnetnya, cukup ditekan pakai anak kunci, mudah kan! Starter menggunakan one push electric starter, cukup tekan sekali makan dynamo akan berputar sampai mesin menyala.
Dari sisi mesin, Honda pakai konstruksi DOHC 4 klep, namun pakai roller rocker arm sehingga gesekan lebih rendah. Pasokan bensin sudah injeksi dengan ECU 33 pin dan pendinginan pakai radiator. Tambahannya berbagai teknologi minim gesekan, seperti lapisan molibdenum di piston dan offset cylinder.
Sementara Satria pakai teknologi DOHC tipe direct acting valve drive mechanism, yang mana kem langsung menonjok tapet, karakternya cocok untuk putaran tinggi. Pasokan bensin sudah injeksi dengan ECU 36 pin. Pendinginan radiator dan pakai silinder SCEM atau Suzuki Composite Electrochemical Material. Tambahannya ada filter oli ganda.

3. Dari Riding Position & Handling

Dari keduanya menganut desain ayam jago dengan setang jepit tinggi, namun riding position sedikit berbeda. Naik Sonic lebih santai karena jok lebih rendah (762 mm) dan footstep pun posisinya lebih ke depan. Sementara Satria berkesan lebih sporti, terasa dari jok lebih tinggi (765 mm) dipadu setang rendah dan footstep lebih mundur.
Bagaimana dengan handling? Jika untuk pemakaian harian, Satria sedikit lebih unggul karena selain lebih ringan (109 kg) karakter suspensinya juga lebih lembut, terutama belakang yang empuk banget.
Beda cerita jika digunakan untuk kecepatan tinggi, handling Sonic lebih nikmat karena redaman suspensinya lebih stabil, racikan compression dan rebound yang lebih lambat menunjang manuver kencang, apalagi ukuran pelek lebih lebar, jadi kendati lebar ban sama.



4. Dari Performanya

Satria dengan mesin baru yang diracik mengejar performa tinggi, memang digdaya dari sisi akselerasi dan top speed. Dengan konfigurasi overbore 62 x 48,8 mm, dipadu throttle body 32 mm mesin ini mampu berkitir sampai hampir 13.000 rpm, tepatnya 12.800 rpm, makanya tenaga maksimal on wheel 14,43 dk pun dicapai di 10.900 rpm dan torsi 10,47 Nm di 8.800 rpm, diukur di dynamometer Dynojet 250i milik sportisi Motorsport.
Performa tersebut dipadu bobot hanya 109 kg, makanya akselerasi terbilang cepat. Misal mencapai 100 km/jam hanya perlu waktu 11,1 detik. Sedang jarak 201 meter ditempuh 10,9 detik. Sedang top speed di spidometer tembus 147 km/jam!
Namun dengan karakter pencapaian peak power serba di putaran atas, jangan heran jika dipakai harian yang sering stop and go jadi geregetan. Lantaran jadi boyo banget saat putaran mesin di bawah 7.000. Asyiknya tentu jika dipakai di sirkuit atau ketemu jalan panjang yang bisa main putaran tinggi.
Beda karakter dengan Sonic, yang konfigurasinya hampir square dengan bore x stroke 57,3 x 57,8 mm, dipadu throttle body hanya 30 mm. Putaran maksimal hanya 10.400 rpm, dengan pencapaian tenaga maksimal 14,18 dk di putaran mesin di 8.950 rpm dan torsi 13,08 Nm di 6.800 rpm.
Dipadu bobot 114 kg, power to weight ratio Sonic kalah dari Satria, makanya akselerasinya juga sedikit lebih lambat. Contoh mencapai 100 km/jam butuh 12,5 detik, jarak 201 meter diraih 11,4 detik. Top speed di spidometer 137 km/jam. Seberapa irit kedua motor Ayago ini? Yup, versi Otomotif menyebutkan bahwa Honda Sonic 150R masih lebih irit dibandingkan All New Satria Injeksi, namun selisihnya tidak begitu banyak, hanya 0,3 Km/l. Data lengkap silakan simak tabel data test.



Tabel 1.3 Data Test Akselerasi Produk.

DATA TEST (DETIK)


NEW SONIC 150R
ALL NEW SATRIA F150
0-60 km/j
4,4 detik
3,8 detik
0-80 km/j
7,4 detik
6,5 detik
0-100 km/j
12,5 detik
11,1 detik
0-100 m
7,3 detik
6,9 detik
0-201 m
11,4 detik
10,9 detik
0-402 m
18,4 detik
17,5 detik
TOP SPEED SPIDO
137 km/j
147 km/j
TOP SPEED RACELOGIC
119,1 km/j
132 km/j
KONSUMSI BENSIN
40 km/l
39,7 km.l


Walaupun kalah dalam hal akselerasi, namun karakter mesin Sonic lebih enak untuk harian, lantaran di 4.000 rpm saja torsinya mencapai 10,5 Nm! Angka itu sudah lebih besar dari maksimalnya Satria! Makanya untuk harian yang stop and go Sonic gesit banget, buka gas sedikit langsung ngacir tanpa perlu buka gas dalam-dalam atau slip kopling.

5. Konsumsi Bensin
Menggunakan bensin beroktan 92, keduanya ternyata menawarkan konsumsi bensin yang tak beda jauh. Sonic yang pakai rasio kompresi 11,3:1 mampu menempuh jarak 40 km tiap liternya. Sedang Satria yang pakai rasio kompresi 11,5:1 sedikit lebih boros, 39,7 km/lt.
Dan dari kedua produk sepeda motor ini memiliki beberapa kesamaan , diantaranya headlamp LED dan Spidometer yang sama dan harga produk ini hampir sama juga khususnya dari harga sebagai berikut:
Tabel 1.4 Daftar Harga Produk
Honda Sonic 150 r
All New Satria F150
Rp. 21.350.000 (Versi Standar)
Rp. 21.650.000 (Versi Standar)
Rp. 21.950.000 (Versi Stripping Moto Gp)
Rp. 21.950.000 (Versi Stripping Moto Gp)

Kesimpulannya
Kedua motor ini ternyata punya karakter yang berbeda. Dari sisi performa mesin, Satria unggul di putaran atas yang pas untuk di sirkuit atau trek panjang, sedang Sonic dari bawah sudah enak jadi nyaman untuk harian. Dari sisi handling Sonic unggul untuk kecepatan tinggi, sedang Satria lebih enak untuk harian. Konsumsi bensin lebih unggul Sonic, sedang fitur dipegang Satria. Pilihan ada di tangan anda! 

Daftar Pustaka 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknologi Informasi dan Multimedia #MULTIMEDIA_APRIL

       Pendahuluan Mengenai Physical Layer        Penjelasan Awal dari sebuah Physical Layer yakni dengan menjelaskan Apa itu Model OS...